Senin, 27 Februari 2012

Penggunaan Microsoft Office Word


Microsoft Office Word merupakan perangkat lunak andalah Microsoft yang berfungsi sebagai pengolah kata. Banyak terdapat fasilitas dalam software ini, yang mampu menunjung berbagai keperluan bagi para penggunanya, mulai dari pengetikan text, penyusunan naskah atau pun proposal, laporan, karya ilmiah, surat lamaran kerja dan pembuatan diagram atau tabel serta menyisipkan berbagai objek gambar dalam tulisan.


MEMULAI MICROSOFT WORD
Untuk memulai menjalankan program microsoft word? Silakan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
Unsur-unsur utama Layar Ms Word.
1. Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word.
2. Office Button
Digunakan untuk :
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar.
3. Customize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar. Sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
4. Menu
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
5. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
6. Kursor
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
7. Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
8. Memasukkan Teks
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
* Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
* Tekan enter untuk menambah baris kosong.
* Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
* Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
9. Memperbaiki Teks

 Huruf dan tombol keyboard selain untuk menulis juga bisa berfungsi sebagai perintah. Dengan mengetahui fungsi fungsi tombol keyboard maka aktivitas mengetik menjadi lebih mudah.
Ctrl + b (artinya tekan tombol Ctrl dan b) : perintah bold (tebal)
Ctrl + i : perintah italic (miring)
Ctrl + u : perintah underline (garis bawah)
Ctrl + l : rata kiri
Ctrl + r : rata kanan
Ctrl + j : rata kiri kanan
Ctrl + c : center
Ctrl + ] : menambah font size 1
Ctrl + [ : mengurangi font size 1
Ctrl shift dan + : superscrift contoh 22 , perintah ini membuat angka 2 kecil diatas
Ctrl shift dan panah (kiri dan kanan) : untuk memblok satu kata
Ctrl shift dan panah (atas dan bawah) : untuk memblok satu baris
Ctrl + 1 : spasi 1
Ctrl + 2 : spasi 2
Ctrl + 5 : spasi 1,5
Ctrl + z : undo (membatalkan perintah sebelumnya)
Ctrl + p : perintah mencetak/print

Berikut ini beberapa fungsi fungsi tombol keyboard dalam microsoft office word 2003 atau office 2007:

CTRL + A
Berfungsi untuk memblok seluruh isi dalam halaman microsoft word yang tengah dibuka, baik tulisan maupun gambar.

CTRL + B
Disebut juga tombol Bold Berfungsi untuk menebalkan huruf.

CTRL + C
Disebut juga tombol Copy berfungsi untuk mencopy (menggandakan file yang kita blok)

CTRL + D
Berfungsi untuk mengubah jenis huruf (font), misalnya dari “Calibri” ke “Time new roman”, dsb. Cara cepat mencari jenis hurufnya tinggal ketik beberapa huruf awal seperti “times” untuk mencari jenis huruf “Times new roman”, atau ketik “ar” jika ingin mencari jenis font “arial”.

CTRL + E
Berfungsi mengatur objek atau tulisan agar berada di tengah-tengah halaman.

CTRL + F
Disebut juga fungsi Find yang berfungsi untuk menemukan kata yang dicari. Caranya tinggal pencet CTRL + F kemudian setelah keluar jendela pencarian ketik kata, frase, atau kalimat yang hendak dicari. Jendela ini sangat sensitive, sehingga teliti apakah kata yang dimaksud sudah diketik dengan benar berikut tanda baca(bila ada) dan spasinya.

CTRL + G
Sebagai tombol Go to, jendela yang terbuka berfungsi untuk pergi atau melompat. Misalnya untuk pindah dari halaman satu ke halaman lain. Caranya ketika jendela Go to terbuka, pada pilihan yang tersedia klik pilihan “page” kemudian ketikkan perintah kita. + berarti tambah atau maju, dan – berarti kurang atau mundur.

Contoh jika kita sedang berada di halaman 115 dan ingin pergi ke halaman 200, maka pada kolom isian tinggal kita tulis +85 lalu enter/OK maka kita akan melompat 85 halaman berikutnya ke halaman 200. Begitu pula sebaliknya, jika dari halaman 115
kita ingin pergi ke halaman 50, tinggal tuliskan perintah -65 lalu tekan enter/OK.

CTRL + H
Berfungsi untuk membuka tombol replace. Misal jika dalam pengetikan naskah kita terlanjur salah mengetikkan ejaan missal yang seharusnya “karika” terlajur kita tulis “carica”, dari pada bolak balik membuka halaman dan mengganti satu persatu, manfaatkan pengatahuan akan fungsi fungsi tombol keyboard ini.

Caranya, tekan CTRL + H, dan ketika terbuka jendela replace, pada kolom “find what” ketikkan kata yang salah misalkan “karika” kemudian ketikkan kata yang benar pada kolom isian “replace with” misalnya dengan “carica”. Maka seluruh kata karika pada halaman tersebut akan berubah menjadi carica. Mudah bukan?

CTRL + I
Disebut juga fungsi Italic berfungsi untuk memiringkan huruf yang kita inginkan.

CTRL + J
Disebut juga control Justify, yang berfungsi untuk merapikan tulisan dengan mengatur rata kanan dan kiri sekaligus.

CTRL + K
Untuk membuat link pada halaman lain. Misalkan dalam sebuah naskah kita hendak menyisipkan link naskah lain di folder lain. Maka tinggal ketik CTRL + K kemudia cari dan klik file yang akan kita buat link. Setelah selesai dibuat, jika ingin membuka link tersebut kita tinggal mengarahkan kursor pada link kemudian pencet CTRL dan klik. Maka dokumen tersebut akan terbuka.

CTRL + L
Digunakan untuk meratakan halaman kea rah kiri.

CTRL + M
Untuk menggeser sebuah paragraph ke arah , biasanya menggeser 1 cm.

CTRL + N
Disebut juga fungsi New. Berfungsi untuk membuka dokumen baru.

CTRL + O
Berfungsi untuk membuka file.

CTRL + P
Merupakan perintah cepat untuk mengeprint halaman.

CTRL + Q
Bisa digunakan untuk mengubah spasi paragraph menjadi 1. Fungsinya sama dengan CTRL + 1

CTRL + R
Seperti halnya CTRL + L, fungsi ini bersifat sebaliknya. Yakni menata paragraph menjadi rata kanan.

CTRL + S
Merupakan perintah cepat dari Save, yakni berfungsi untuk menyimpan.

CTRL + T
Fungsinya hamper mirip dengan CTRL + M, hanya saja jika pada perintah tersebut dari baris satu sampai terahir bergeser semua, pada CTRL + T ini hanya yang bergeser hanya baris kedua dan seterusnya. Sementara baris pertama tetap

CTRL + U
Berfungsi untuk menggaris bawahi suatu kata atau kalimat.

CTRL + V
Perintah cepat dari menempel atau Paste.

CTRL + W
Perintah cepat untuk menutup halaman.

CTRL + X
Digunakan untuk mengganti perintah Cut.

CTRL + Y
Digunakan untuk mengganti perintah redo (kebalikan dari undo)

CTRL + Z
Digunakan untuk melaksanakan perintah Undo atau membatalkan perintah sebelumnya.

Selain mempercepat dan mempermudah pekerjaan kita, pengetahuan akan fungsi fungsi tombol keyboard ini akan sangat membantu ketika fungsi touch pad ataupun mouse kita sedang mengalami gangguan atau rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar